Pengertian Gizi dan Manfaat Gizi dalam Tubuh

Pengertian Gizi dan Manfaat Gizi dalam Tubuh

Fungsi Gizi untuk tubuh

Pengertian Gizi dan Manfaat untuk Tubuh - Gizi adalah zat-zat penting yang terkandung dalam makanan yang dibutuhkan tubuh untuk kelangsungan hidup. 

Manfaat gizi sangat diperlukan bagi tubuh Jika makanan yang kita konsumsi tidak mengandung gizi seimbang makan tubuh anda akan cepat bereaksi pada kekebalan tubuh yang menurun dan mudah sakit. Kandungan gizi yang terdapat dalam makanan tersebut dibutuhkan oleh tubuh seperti vitamin, mineral, protein atau zat lain untuk menunjang kesehatan tubuh kita sehari-hari. 

Gizi dalam Bahasa Inggris yaitu "nutrition" yang apabila diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia menjadi "nutrisi". Gizi dapat dideskripsikan sebagai sebuah hal yang mempengaruhi proses perubahan berbagai macam makanan yang masuk ke tubuh.

Nutrisi di peroleh dari hasil pemecahan makanan oleh sistem pencernaan. dan seringkali di sebut dengan istilah sari-sari makanan. Nutrisi terbagi dalam 2 golongan, yaitu makronutrisi dan mikronutrisi.

Pengertian Menurut Pendapat Para Ahli Gizi: 

  • Pengertian gizi menurut Tuti Sunardi, pengertian gizi adalah sesuatu yang mempengaruhi proses perubahan semua jenis makanan yang masuk ke dalam tubuh yang dapat mempertahankan kehidupan.
  • Pengertian gizi menurut Lioni Ellis H, pengertian gizi adalah komponen penting yang diperlukan oleh tubuh untuk tumbuh dan berkembang.
  • Pengertian gizi menurut Harry Oxorn & William R. Forte, pengertian gizi yang berarti gizi memiliki pengertian yang luas bukan hanya jenis-jenis pangan dan gunanya bagi badan melainkan juga mengenal cara-cara memperoleh serta mengolah dan mempertimbangkan agar kita tetap sehat.
  • Pengertian gizi menurut Chairinniza K. Graha, pengertian gizi adalah unsur yang terkandung dalam makanan dimana unsur-unsur dapat memberikan manfaat bagi tubuh yang mengkonsumsinya sehingga menjadi sehat.



5 Jenis Macam-Macam Gizi


Karbohidrat.

Zat gizi ini terbentuk dari unsur karbon, Oksigen dan Hidrogen. Karbohidrat berfungsi sebagai sumber tenaga, makanan cadangan, dan mempertahankan suhu tubuh. Jenis makanan yang mengandung karbohidrat adalah gandum, beras, jagung, sagu dan ketela pohon.

Protein

Protein diperoleh dari makanan yang berasal dari hewan (protein hewani) dan tumbuh-tumbuhan (protein nabati). Fungsi protein dalam tubuh yaitu untuk membangun sel-sel yang rusak, membentuk zat-zat pengatur seperti enziim dan hormon, dan membentuk zat inti energi (1 gram protein menghasilkan sekitar 4,1 kal)

Mineral

Mineral merupakan zat pengatur tubuh yang diperlukan tubuh hanya dalam jumlah sedikit. Walaupun begitu, tubuh tetap memerlukan mineral dan jika tidak terpenuhi akan berakibat buruk pada kesehatan
Fosfor, untuk pertumbuhan sel-sel dalam tubuh. Terdapat pada ikan, kacang-kacangan, susu, dan keju. 
Fluor, untuk pembentukan tulang dan gigi. Sumber Flour yaitu Susu, kuning telur, ikan laut, dan otak.
Kalsium, membantu pembentukan tulang dan gigi dan terdapat pada sayuran kol, wortel, kacangkacangan, bawang, susu, dan keju. 
Zat besi, membantu kerja otot dan saraf, membentuk sel darah merah,mencegah penyakit kurang darah (anemia). 
Yodium, berguna untuk mencegah penyakit gondok. sumber : Ikan laut, garam beryodium, dan sayuran hijau. Tanda yang paling umum dikenal akibat kekurangan iodium adalah gondok, atau pembengkakan kelenjar tiroid di leher. Kekurangan iodium terutama mempengaruhi perkembangan otak.

Lemak.

Lemak atau lipida terjadi pada proses metabolism tubuh. Lemak berfungsi sebagai sumber tenaga dan juga cadangan makanan. Makanan yang memiliki kandungan lemak adalah kelapa, kacang tanah, kuning telur, keju, dan daging.lemak sebagai pelarut vitamin A,D,E,K. Lemak sebagai pelindung terhadap bagian tubuh tertentu dan pelindung bagian tubuh pada temperatur rendah.

vitamin

Fungsi vitamin secara umum adalah sebagai pengatur yang bekerja sama dengan enzim dalam beberapa reaksi kimia untuk pertumbuhan, pemeliharaan, kesehatan dan reproduksi serta untuk keseimbangan hormon pada tubuh manusia.

Vitamin terbentuk dari asupan makanan dan minuman yang kita konsumsi dan sangat dibutuhkan tubuh serta memiliki peranan penting dalam mengatur proses metabolisme tubuh.

Baca juga :  Jenis-jenis Vitamin dan Fungsinya

Advertisement

Baca juga:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel