Manfaat Vitamin B Komplek Untuk Pencernaan

Manfaat Vitamin B Komplek Untuk Pencernaan

Manfaat Vitamin B Komplek Untuk Pencernaan

Vitamin B Kompleks adalah pengelompokan berbagai jenis vitamin B dalam satu wadah Multivitamin ini terdiri dari Vitamin B1(thiamine), Vitamin B2(riboflavin), Vitamin B3 (niacin), Vitamin B5(pantothenic acid/asam pantotenat) , Vitamin B6(pyridoxamine) , Vitamin B9(folic acid/asam folat) , vitamin B12(cyanocob), vitamin B7(biotin) biotin, Kolin dan inositol. Dari semua jenis vitamin ini memang sangat diperlukan untuk tubuh jenis vitamin ini mudah larut kedalam air.

Setiap anggota B kompleks memiliki struktur dan menjalankan fungsi sendiri dalam tubuh manusia. Vitamin B1, B2, B3, dan biotin mengambil alih pada bagian dalam produksi energi, vitamin B6 untuk metabolisme asam amino dan pencernann, dan vitamin B12 dan asam folat membantu dalam pembelahan sel. Masing-masing vitamin ini memiliki banyak fungsi tambahan. Namun, tidak ada fungsi yang mengharuskan semua vitamin B-kompleks di konsumsi secara bersamaan, Jadi sebelum anda mengomsusinya pentingnya pengarahan dari para dokter sepesialis gizi atau dokter pribadi anda saat ini.

Vitamin B komplek adalah jenis vitamin yang mudah larut di dalam air, Selain itu masih banyak vitamin yang lain yang juga di butuhkan untuk tubuh seperti Vitamin A B C D E K yang juga penting untuk asumpan di dalam tubuh Jadi saat tubuh anda mengalami gejala-gejala yang ditimbulkan akibat kekurangan vitamin silahkan anda kosultasikan dengan pakarnya.

Manfaat Vitamin B Komplek Bagi Tubuh

Memproduksi Energi

Vitamin B Komplek untuk memproduksi energi

Vitamin B1 diperlukan oleh tubuh untuk membantu mengubah karbohidrat dari makanan kita menjadi glukosa. Vitamin B diperlukan pada tingkat sel untuk mengubah glukosa menjadi energi. Untuk manfaat ini dibutuhkan:  Vitamin B2 , Vitamin B3 , Vitamin B5 , Vitamin B6 , dan B7 . Kekurangan Vitamin B  ini dapat menyebabkan penurunan produksi energi, yang menyebabkan lesu dan mudah kelelahan.

Membantu Proses Metabolisme

vitamin b komplek untuk Membantu Proses Metabolisme

Memproduksi HCl (asam klorida ), untuk membantu pemecahan lemak, protein dan karbohidrat. Terutama yang digunakan untuk membantu fungsi pencernaan adalah vitamin B1, vitamin B2, Vitamin B3 dan Vitamin B6. Kekurangan dalam salah satu dapat menyebabkan pencernaan terganggu, akibatnya tubuh juga akan kekurangan nutrisi penting dan menggangu sistem pencernaan.

Untuk Nutrisi Kulit dan Rambut

vitamin b komplek Untuk Nutrisi Kulit dan Rambut

Gangguan kulit seperti dermatitis, kulit berminyak, ketombe, bibir pecah-pecah, kulit kering, dan kulit keriput merupakan akibat kekurangan RNA (ribonucleic acid) dan DNA (deoxyribonucleic acid) Hal ini bisa kalian dapatkan pada nutrisi lengkap di vitamin B komplek.

Menjaga Sistem Saraf Dan Fungsi otak

manfaat vitamin b komplek Menjaga Sistem Saraf Dan Fungsi otak

Manfaat Vitamin B kompleks Bagi kesehatan Kita
Vitamin B juga sangat penting untuk kesehatan fungsi sistem saraf. Vitamin B5 diperlukan agar kelenjar adrenal bekerja dengan baik untuk memproduksi beberapa hormon dan zat pengatur saraf. Vitamin B1, vitamin B6 dan vitamin B12 sangat penting untuk mengatur seluruh saraf agar bekerja dengan benar. Termasuk fungsi syaraf pada sistem otak kita. Vitamin B6, yang juga dikenal dengan pyroxidine, yang membantu tubuh dalam membuat hormon-hormon tertentu, serta senyawa kimia khusus dalam otak yang disebut dengan neurotransmitter. Vitamin ini juga membantu memproduksi sel darah merah, yang akan membantu mencegah anemia. Vitamin B9 atau yang kita kenal dengan asam folat, yaitu dikenal sangat penting bagi ibu hamil untuk mencegah cacat tabung saraf pada janin selama pertumbuhan didalam kandungan. Kekurangan salah satu dari  Vitamin B Kompleks dapat menyebabkan perasaan mudah stres, cemas dan depresi.

Menurunkan Kadar metabolit yang mengandung lemak sterol

manfaat vitamin b komplek untuk kolesterol

Vitamin B kompleks juga mengandung unsur niacin, yang dapat membantu menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh (LDL) dan meningkatkan kolesterol baik (HDL). 

Mutli vitamin B Komplek ini bisa di dapatkan dari berbagai makanan, seperti sereal, daging sapi, kacang-kacangan, dan telur, anda juga bisa menggunakan suplement sebagai pengganti.

Penganti Vitamin B Komplek

Alternatif lain yang bisa anda lakukan jika tidak bisa mengoksumsi vitamin B komplek anda bisa mengkomsumsi makanan yang mengandung gizi seimbang dan baik untuk tubuh. Cara ini bisa dibilang efektif untuk menganti asupan gizi yang dibutuhkan setiap hari oleh tubuh dalam melakukan aktifitasnya.
Advertisement

Baca juga:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel